Selasa, 25 September 2012

kanker SerVik

minggu, tgl 21 September 2012

merencanakan untuk punya anak lagi ketika anak pertama ku berusia 14 bulan, karena dorongan orang tua, mertua. kata mereka "repotnya sekalian, nanti kalo sekolah nganternya bareng"
dengan kondisi keluarga q (ayah kerjanya di laut, dan pulang 3 bulan sekali), maka q putuskan untuk Punya anak lagi dan menghentikan KB.
hari minggu, waktu yang longgar banget aq janjian dengan bidan desa yang masih terhitung sodara, tentu saja dengan mengajak anak q Nizar. sesampai dirumah si Bidan, lama banget aq menunggu, padahal cuma satu pasien di dalam ruangan dan q intip ternyata kakek2 (usia sekitar 60an) sedang asyik bercerita dan sekali2 mengusap air mata. Ada apakah gerangan ???

Nizar, anak q yang tidak bisa diem dan selalu mengoceh, (mungkin membuat si Bidan terganggu), akhirnya aq diperbolehkan masuk dan Meninggalkan Si Kakek yang masih di dalam ruangan. aq dilayani di ruangan terpisah.
Si Bidan bercerita tentang si Kakek yang tadi menangis.. ceritanya begini
Itu kakek usia 61 tahun, dan istrinya usia 56 tahun dan sudah menopouse, tapi si kakek masih suka minta JATAH pada si nenek (yang notabene sudah menopouse), tapi anaehnya sebulan terakhir ini si  nenek selalu mengeluh sakit ketika berhungan badan, dan mengeluarkan darah (padahal sudah menopouse).
konsultasi berlangsung 1 minggu, lalu si Nenek disuruh datang ke Ibu Bidan dan dilihat lah Organ Kewanitaan si nenek, dan dites pula dengan metode IVA ( Inspeksi Visual dgn Asam Asetat), salah satu cara mengetahui kanker serviks secara dini. Dan hasilnya adalah POSITIF.
Si nenek telah melahirkan 5 anak yang sekarang sudah besar2 dan sudah berkeluarga sendiri
Si nenek dulu menikah berusia 17 tahun
Dengan hasil itu Si Bidan langsung merujuk si Nenek ke RS di Ngawi. Ya, Betulll.. Dokter di RS Ngawi menyatakan Positif mengidap Kanker Serviks...

hari minggu yang sangat bermanfaat... Si Bidan menyuruhku untuk mengikuti program imunisasi Kanker Servik.... but Mahall..

 trus, bagaimana tanggapan anda mengenai kanker servik? sebahaya apakah penyakit ini? apa penyebabnya dan bagaimana cara menanggulangi atau mencegahnya??

ni ada sumber yang banyak menjelaskan tentang kanker servik
http://www.djamilah-najmuddin.com/kanker-serviks-pengobatan-ciri-ciri-gejala-dan-penyebab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar